Sunday, 7 January 2018

#BecomingTheMulyawans: List MUA - Part 2 (Surabaya)

Ngelanjutin post tadi malem, kalo sekarang aku bakal nge-list MUA yang ada di Surabaya. Jumlah di list ini ga sebanyak yang di list Jakarta, karena emang yang aku suka ini-ini aja. Tapi sebenernya masih banyak yang lain kok di Surabaya. Untuk yang kaya Benn Bagoes, Savitri, Sanggar Rias Kerinci dan sejenisnya ngga aku masukin karena mereka kan spesialisasinya nikahan tradisional, sedangkan nikahanku nanti ga pake adat sama sekali. Jadi dari awal emang udah ngga pertimbangin mereka.

Note: range harga di sini untuk make up CPW aja ya (termasuk retouch) tapi tanpa hair do/hijab dan test make up, unless stated otherwise. Harga ini sih terakhir aku tanya per 2018, tapi belum tentu fix, bisa aja ada perubahan. Sangat disarankan untuk nanya sendiri langsung ke CP-nya ya untuk masalah ini.

1. @cherryjks
Aku tau MUA ini pas rame nikahannya anaknya Pakde Karwo waktu itu. Gila itu sih cantik dan alus banget make up-nya. Tapi emang setau aku Mbak Kartika Soekarwo emang dari sananya udah cantik banget, cuma ya tetep aja make up-nya juara sih. Waktu itu padahal make up-nya bold gitu tapi nggak medok malah keliatan fresh banget.
PL: Rp 23.000.000 (include make up test, hair do, retouch make up and hair do, skin care application)

2. @joiceananta
My personal favourite. Karena emang udah pernah ketemu juga sih waktu aku ambil private make up class. Mbak Joice super baik hati pokoknya lovely. Menurutku ini jagoannya natural make up di Surabaya, karena dia ngerti banget maunya anak muda tuh kaya gimana, dan ngga maksain harus manglingin atau gimana gitu. Super recommended juga kata orang-orang yang udah pernah di-make up-in Mbak Joice. Tapi kalo mau sama MUA yang ini booking-nya harus jauh-jauh hari karena jadwalnya padet banget.
PL: Rp 15.000.000 (include make up test, hair do/hijab, make up 2 family member, retouch same day bride only)

3. @tiffanyroselin
Kalo yang ini aku taunya dari temen aku si @shafiramed28 yang kapan hari nikah di-make up-in Mbak ini (foto kiri atas). Katanya sih make up-nya awet seharian, MUA-nya juga baik banget ngerti apa yang dimau client. Review-nya di Bridestory juga bagus-bagus. Trus plus-nya satu lagi, CP-nya super ramah jadi kalo mau nanya-nanya ngga sungkan.
PL: Rp 14.200.000 (include hair do CPW dan CPP, make up 2 family member, retouch bride dan 2 family member, make up test, skin care application)

4. @cindyvalentina
Ini aku udah naksir dari zaman nyari MUA pas wisuda S1 dulu, gatau kenapa kok liat instagramnya semua keliatan cantik super love. Kata yang udah pernah di-make up-in MUA ini, hasil make up-nya awet seharian karena pake airbrush.
PL: Rp 7.500.000 (include make up test, hair do, retouch same day, soft lens)

5. @mentari_dj
Surabaya's rising star sih kalo aku bilang. Soalnya setau aku belum terlalu lama terjun di dunia perlenongan ini tapi client-nya udah banyak. Dan menurutku yang ngikutin instagramnya dari zaman awal-awal banget, ini MUA terprogresif soalnya makin hari makin bagus hasilnya dan itu keliatan banget. Salut sih. Kalo mau hubungin dia kayanya enakan weekdays ya pas dia lagi ngga make up-in pengantin, soalnya setau aku dia nge-handle sendiri belum ada CP.
PL: Rp 7.000.000 (include hair do/hijab, ganti make up resepsi same day, retouch hair do/hijab)

6. @dat.makeup
CP MUA ini adalah yang paling ramah dibanding semua MUA yang udah aku hubungin. Itu penting lho, biar kita calon client jadi nyaman kalo mau nanya-nanya. Gatau sih itu MUA-nya sendiri apa admin pokoknya ramah aja deh. Hasil make up-nya di foto keliatan cantik-cantik banget, aku juga baca review lumayan bagus.
PL: Rp 10.000.000 (include hair do/hijab, make up dan hair do/hijab 2 family member, aksesoris pengantin dan family member)

Itu dia list MUA Surabaya yang udah aku kumpulin, semoga bisa membantu CPW sekalian yang gundah hatinya dalam memilih MUA.
Sampai ketemu di post #BecomingTheMulyawans selanjutnya!

List MUA Jakarta bisa dilihat di sini, cek juga tips milih MUA di sini.

#BecomingTheMulyawans: List MUA - Part 1 (Jakarta)

Sesuai janjiku untuk share hasil nanya-nanya ke MUA, ini adalah list MUA yang aku hubungin yang domisilinya di Jakarta. Semua harga yang ada di sini belum termasuk transport dan akomodasi ya (misal acara kamu ga di Jakarta). Post ini panjang karena emang aku nanya banyak MUA buat referensi pas pilih-pilih. List di sini aku urutin dari yang termahal ya. Semua foto aku ambil di instagram mereka masing-masing (link ada di list). Enjoy!

Note: range harga di sini untuk make up CPW aja ya (termasuk retouch) tapi tanpa hair do/hijab dan test make up, unless stated otherwise. Harga ini sih terakhir aku tanya per 2018, tapi belum tentu fix, bisa aja ada perubahan. Sangat disarankan untuk nanya sendiri langsung ke CP-nya ya untuk masalah ini.

1. @jasminelishava
Pertama kali jatuh cinta sama MUA ini pas foto yang di atas kanan itu muncul di explore instagram-ku. Cinta pandangan pertama pokoknya asli cantik banget. Pas liat hasil yang lain juga suka banget! Untuk harga sebenernya masih reasonable...ketika acara kamu di Jakarta. Begitu diimpor ke Surabaya langsung pengen nangis...
PL: Rp 11.000.000 (Jakarta) - Rp 22.000.000 (luar kota)

2. @beautybydecha
MUA yang satu ini kayanya baru akhir-akhir ini naik daun, sering muncul di instagram. Pertama aku taunya pas dia jadi MUA-nya @nabilahatifa pas lamaran dan aku langsung naksir. Style-nya dia lebih ke nuansa bronze make up gitu cantik banget, liat di instagramnya ga ada yang ga cakep di-make up-in dia. Kelebihannya sih pas aku tanya dia pake airbrush make up. Apa itu airbrush make up dan apa kelebihannya? Coba tanya langsung ke CP-nya, ya.
PL: Rp 9.500.000 (Jakarta) - Rp 14.250.000 (luar kota)

3. @maharani_nilla_makeup
Liat Mbak Dian Sastro di-make up-in sama MUA ini aku pengen nangis cantiknya udah nggak bisa dinalar lagi (ya tapi ini Dian Sastro ya, mau make up di salon kampung juga palingan masih tetep cantik).
PL: Rp 9.500.000 (Jakarta) - Rp 14.250.000 (luar kota)

4. @olisherawati
MUA ini adalah ratu boomerang. Tiap bikin video boomerang selalu lucu :( dan tiap liat story-nya dia terlihat sangat seru, jadinya CPW-nya nggak nervous. Udah follow dari lama dan aku bisa bilang ciri MUA ini tuh di blush on sama di inner corner-nya, buat yang suka pipi merona banget kayanya bakal cocok sama yang ini.
PL: Rp 9.000.000 (Jakarta) - Rp 17.000.000 (luar kota)

5. @fauziaahanummakeup
Kalo yang suka make up ala Korea gitu kayanya bakal suka sama yang ini karena dia suka pake ombre lips dan finishing make up-nya dewy gitu. Akhir-akhir ini make up-nya nuansa rose gold, so if you're into rose gold you might want to check her out.
PL: Rp 8.500.000 (Jakarta) - Rp 11.000.000 (luar kota)

6. @hepidavid
Pas aku buka instagram-nya banyak yang berhijab gitu pengantinnya. Mungkin karena setau aku MUA yang ini itu langganannya ukhti-ukhti hijabers. Semuanya so pritiii.
PL: Rp 8.000.000 (Jakarta) - Rp 16.000.000 (luar kota)

7. @yunitamakeup
Lupa deh pertama kali tau MUA yang ini itu karena foto yang mana, tapi jadi inget lagi pas liat temenku (foto kanan bawah) di-make up-in pas nikahannya kemarin. Asli cantik banget (ya tapi emang orangnya dari sananya udah cakep sih).
PL: Rp 7.000.000 (Jakarta) - Rp 8.000.000 (luar kota)

8. @lawralovefaith
Gatau kenapa pas liat foto-fotonya MUA ini semua client-nya jadi terlihat seperti bule menurutku. Dan sekilas kaya boneka (in a good way). Cantik-cantik banget kaya MUA-nya... (coba liat avatarnya di instagram)
PL: Rp 7.000.000 (Jakarta) - Rp 10.500.000 (luar kota)

9. @rozanajulani
Ku ingin menangis melihat Mbak Aliya di foto kanan bawah teramat cantik. Kalo MUA ini sekilas aku liatnya dia lebih ke nuansa peach gitu ya, me like it. Dan harga Jakarta ga ada bedanya sama luar kota ini aku terharu banget sih.
PL: Rp 6.000.000

10. @diniindriya
Aku pernah liat Mbak ini pas live di instagram lagi make up-in pengantin gitu dia terlihat sangat baik bikin gemes. Trus juga seingetku dia ngehijabin sendiri client-nya. Jadi buat yang berhijab ngga perlu cari hijab stylist lagi. Yay!
PL: Rp 6.000.000 (Jakarta) - Rp 9.000.000 (luar kota)

11. @nikkiwindya
Suatu hari foto di kiri atas muncul di explore instagramku and I was like "take all my money" itu cantik banget sih super natural. Aku sampe kepoin di akun client-nya itu buat bandingin before-after dan emang wajahnya ngga berubah cuma keliatan lebih fresh dan cantik aja. Super loveee.
PL: Rp 6.000.000 (Jakarta) - Rp 7.800.000 (luar kota)

12. @switha_playsmakeup
Foto kiri atas ini juga muncul di explore instagramku lalu aku jatuh hati. Cirinya mbak ini dia make up nya lebih ke dewy daripada matte, jadi glowing-glowing gemas gimana gitu. Review-nya di Bridestory juga bagus semua.
PL: Rp 6.000.000 (Jakarta) - Rp 7.500.000 (luar kota)

13. @asihmakeup
Ini kalo ga salah sering make up-in Zaskya Adya Mecca deh makanya aku jadi tau. Cantik-cantik banget hasil make up-nya, lebih ke nuansa nude pink gitu.
PL: Rp 6.000.000 (Jakarta) - Rp 12.000.000 (luar kota)

14. @andaws
Tau MUA ini pas make up-in adek-adeknya Hamish pas nikahannya. Super natural I like ittt. Dan makin hari hasil make up-nya makin bagus aja sih kalo diperhatiin di instagram. Masang harga yang sangat ramah di kantong untuk hasil yang kaya gitu.
PL: Rp 5.000.000 (Jakarta) - Rp 6.000.000 (luar kota)

15. @makeupbycintantya
Nahh yang terakhir ini nih. Aku udah suka dari lama kayanya ada deh setaun lalu. Padahal dia baru lho tapi udah bagus aja hasilnya. Cuma sekarang udah ngga terlalu aktif ngerias lagi karena ternyata MUA-nya ini lagi koas gitu soalnya dokter. Sedih banget :(
PL: Rp 4.000.000 (Jakarta)

Nah itu dia list MUA domisili Jakarta yang udah aku rangkum. Post selanjutnya giliran MUA Surabaya ya, stay tune!

Good night!

List MUA Surabaya bisa dilihat di sini, cek juga tips milih MUA di sini.

#BecomingTheMulyawans: Milih MUA

Hai! Sesuai janji aku mau sharing tentang persiapan nikahan aku. Kali ini aku mau cerita tentang MUA.
Gatau ini aku doang apa CPW yang lain juga ya, tapi pas pertama kali nyiapin nikahan emang yang aku cari duluan tuh MUA. Bahkan dari sebelum ada kepastian nikah kapanpun udah sering ngayal pengen di-make up-in ini itu gitu. Soalnya menurutku MUA itu penting banget. Nikah sekali seumur hidup gitu kan, siapa yang ngga pengen cantik?? Cantik di sini kalo aku sih yang ngga ngubah muka asli kita. Aku pribadi kurang sreg sama konsep nikah harus manglingi sih. Aku lebih pengen jadi better version of myself kalo kata orang-orang. So, yeah, as you might've guessed, for my wedding I'll go with natural make up.
Jadi CPW zaman sekarang tuh dimudahkan banget dengan adanya instagram. Untuk lihat katalog hasil make up kita ngga perlu ke kantornya, tinggal liat aja di instagram. Nah untuk pilih-pilih make up ini aku bener-bener ngandelin instagram doang, sesekali liat review di Bridestory sih kalo ada. Tapi mostly emang cuma liat foto di instagram aja. Emang sih foto bisa boong, tapi kalo ga gitu mau gimana lagi caranya ya kan?
Nyari MUA ini menurutku paling susah dibanding vendor lain. Soalnya harus nyocokin style make up yang aku pengen, budget, dan availabilitas MUA-nya. Yang terakhir sih yang paling bikin pusing. Aku mulai nanya-nanya kira-kira sejak H-7 bulan dari acaraku dan udah banyak banget yang udah nggak available. Jadi saranku sih kalo emang udah tau nikahnya kapan buruan deh langsung booking takutnya ga dapet yang dipengen kan sedih..
Untuk MUA juga aku ga cuma liat MUA Surabaya, tapi juga Jakarta. Pertimbanganku karena di Surabaya pilihannya ngga terlalu banyak, dan yang style-nya natural lebih sedikit lagi. Untuk harga, surprisingly, di Jakarta lebih affordable (dengan pertimbangan nama, jam terbang, dll ya). Mungkin karena di Jakarta MUA itu banyak banget jadi persaingannya lebih ketat makanya ga bisa pasang harga tinggi kali ya.
Cuma ya itu, ketika 'impor' MUA dari luar kota, harus pertimbangin biaya transportasi dan akomodasi, juga charge dari MUA-nya. Ini penting! Emang sekilas keliatan murah, tapi kalo diitung sama tambahan-tambahannya bisa jadi mahal. Makanya pas nanya pricelist harus bener-bener detail.

Yang harus ditanyain ketika nanya pricelist MUA dari luar kota:

  • jumlah orang yang akan dateng
  • request khusus untuk transport (contoh: harus Garuda, dll)
  • charge untuk luar kota
  • request khusus untuk akomodasi (contoh: minimal hotel bintang 3, dll)
  • special request lain

Pertimbangan lain dalam milih MUA juga kita harus teliti sama pricelist-nya itu termasuk apa aja. Ada nih yang ga mahal, tapi ternyata cuma make up aja belum termasuk hair do/hijab, retouch, test make up, dll. Taunya pas ditotalin sama aja mahal. Perhatiin juga bonus-bonusnya. Kadang ada yang bonus melati (penting buat yang pengen nikah adat), aksesoris, soft lens, dll. Pokoknya harus teliti.

Hal-hal penting yang harus ditanyain dan dipertimbangin dalam milih MUA:

  • style
  • pricelist (termasuk apa aja)
  • jumlah orang yang akan dateng
  • bisa stand by dari jam berapa (cocokin sama acara kamu)
  • kamu orang ke berapa yang di-make up-in di hari itu
  • perlu dijemput atau ngga
  • misal sepaket sama make up ibu, siapa yang make up in, apa dia sendiri atau dari team

Ada 1 hal lagi yang harus dijadiin pertimbangan dan sering dilupain: keinginan pasangan kamu! Contohnya untuk kasusku nih ya. Doi anti banget sama make up sebenernya, jadi dia pengennya aku keliatan natural nanti di nikahan. Nah, waktu aku pilih-pilih MUA, aku tunjukin foto-foto di instagram ke doi untuk nanya menurut doi yang mana yang bagus yang mana yang engga sebagai bahan pertimbangan buat milih. Doi juga ngasih pesan ke aku ga boleh ini ga boleh itu. Itu penting, jadi kita bisa cocokin sama style MUA yang kita pilih.
Kemarin pas milih MUA aku ngehubungin banyak MUA untuk nanya pricelist dll-nya. Nanti aku share di post selanjutnya karena kalo di sini takut kepanjangan. Yang aku tanya-tanyain kemarin adalah MUA-MUA yang aku suka. Bukan berarti yang paling bagus dan yang ngga aku sebut berarti ngga bagus, cuma masalah preferensi aja. Kalo ditanya sebenernya pengen didandanin siapa di hari H nanti jawabannya adalah: Marlene Hariman, just because. Tapi aku mau nanya aja udah takut sendiri karena udah pasti ga mampu HAHA jadinya ga aku tanya deh. MUA yang langganan artis-artis kaya @bubahalfian@ryanogilvy, @ferryfahrizal@upanduvan, dll juga ngga aku tanya karena emang aku ga mau di-make-up in sama laki-laki. Tapi kalo kalian tertarik, Google aja, banyak kok blog yang nulis tentang mereka. Di Bridestory setau aku juga ada.

Segitu dulu cerita tentang MUA-nya hari ini. Nanti kalo ada yang kurang aku tambahin lagi. Semoga membantu, ya!

List MUA Jakarta bisa dilihat di sini, untuk yang Surabaya bisa dilihat di sini.

Saturday, 6 January 2018

2018

Halo! Happy new year, ya!
Udah lama banget rasanya ngga ngeblog, apa kabar nih semua? (padahal ngga ada yang nyariin juga)
Akhirnya memutuskan untuk ngeblog lagi karena sekarang pengangguran ngga ngerti mau ngapain. Kesibukan sehari-hari cuma whatsapp-an aja sama vendor. Jadinya banyak waktu luang trus punya ide kenapa ngga ngeblog lagi aja sharing tentang persiapan nikahan, mana tau berguna buat yang baca ya kan?
Setelah ini aku akan post hal-hal yang berhubungan sama persiapan nikahan aku dan doi (aku akan panggil Rifandy doi di post-post selanjutnya) pake label #BecomingTheMulyawans biar gampang dicarinya, dan mungkin juga sharing hal lain yang bisa di sharing-in.
So here it is my first resolution: ngeblog lagi. Doakan semoga ga cuma niat, ya!

Happy weekend semuanya!